Perayaan Waisak 2018

Detik-Detik Waisak

Hari Trisuci Waisak mengingatkan pada tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan beliau. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnama siddhi, bulan Waisak atau bulan Mei, dengan tahun berturut-turut 623 SM, 588 SM, dan 543 SM.

Waisak merupakan hari raya terbesar dan diperingati oleh hampir 500 juta pemeluknya di banyak negara di Asia. Di Indonesia mulai dirayakan sejak 1930 dan diselenggarakan di Borobudur. Di tempat sama mulai dirayakan secara umum pada 1953, disusul peringatan secara besar-besaran dan bersifat nasional enam tahun kemudian dengan hadirnya biksu dari Burma (Myanmar – kini), Thailand, Sri Lanka, Kamboja, dan Jepang.

Peringatan Waisak selalu diikuti tradisi pengambilan air suci dari Umbul Jumprit di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Bagian sakral dari puja bakti detik-detik Waisak ini adalah pembagian air suci atau berkah Waisak kepada seluruh umat. (GUNAWAN KARTAPRANATA, ANDRI RENO SUSETYO)

ANDREAS YOGA Statis – Harian Kompas, 29 Mei 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *